Senin, 23 Juli 2018

Lapisan karbon pada pcb tut hilang terkelupas ini solusinya


Untuk rekan2 yang memiliki keyboard dengan tut mati dan sesudah anda membongkar ternyata mendapati bahwa kerusakan bukan di akibatkan karena karet tut yang kotor atau robek tapi karena di akibatkan karbon warna hitam yang menempel pada PCB tut terkelupas.


Solusi paling murah adalah dengan melukis kebali karbon yang terkelupas dari pcb dengan bantuan tinta silver atau Silver conductive ink, untuk produk tinta ini memang tidak bisa anda jumpai ti toko elektronika kebanyakan tapi ini merupakan solusi paling murah dan aman untuk memperbaikinya.



Gambar di atas adalah contoh melukis atau menggambar lagi karbon yang terkelupas, caranya cukup mudah :


Pastikan PCB bersih dan terhindar dari minyak.

Kemudian Lukis kembali seperti yang asli atau bisa juga dengan melukis seperti gambar di atas, lihat bagian no 1 dan 2, beberapa contoh melukis kembali karbon yang hilang dengan pena atau silver conductive pen. ( jangan gunakan tinta karbon yang dijual di toko elektronika yang berwarna hitam ) karena tinta karbon tersebut mudah terkelupas dan susah sekali di bentuk, mudah terkelupas dan tidak rata.

Silver conductive pen ini juga bisa di gunakan untuk melapisi karbon yang terdapat pada karet tut, karet tut yang sering dipakai akan cepat tipis dan bisa membuat suara tone tidak normal. seperti namanya tinta conduktif ini berwarna silver berbentuk cair seperti cat tembok.


Biasanya tinta ini digunakan untuk menyambung jalur pcb yang putus. kualitas dari tinta ini tergantung dari merk dan harga, yang bagus kualitasnya tinta memiliki hambatan listrik yang kecil dan tidak mudah luntur atau terkelupas. Sehingga awet jika digunakan untuk melukis kembali jalur karbon pada PCB tut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar