Kamis, 26 Juli 2018

cara mengukur optocoupler dengan multitester analog


Optocoupler

Optocoupler biasa digunakan untuk switch ataupun adjust dalam power supply yang biasa menggunakan switching seperti didalam televisi dan peralatan elektronik lainnya yang menggunakan system SMPS untuk power supplynya. optocoupler mempunyai 4 kaki. menurut saya sebenarnya optocoupler ini adalah gabungan dari sebuah LED dan transistor. yang trigger basisnya didapat dari sebuah led .contoh gambar dari pc817 adalah dibawah ini:


pc817


Dari gambar diatas maka data kaki kaki dari pc817 dimulai dari tanda titik yan

g dilingkari warna merah, titik itu menandakan kaki 1. berikut adalah data kaki kakinya

1. Anoda

2. Katoda

3. Emitor

4. Colector

dapat dilihat di gambar berikut ini untuk lebih jelasnya untuk pin kaki kakinya.


Untuk mengukur baik atau tidaknya sama halnya kita seperti mengukur sebuah dioda dan transistor. jadi dalam pengukurannya ya seperti mengukur dioda dan transistor jadi satu.

cara mengukurnya disini saya menggunakan multitester analog.


-letakkan skala pada x1 di multitester

-letakan kedua probe di kaki 1 dan 2 maka jarum tester akan menunjuk dan sebaliknya tidak  menunjuk. jika ragu gunakan skala x10k. intinya jika diletakan probe ke kaki 1 dan 2 sebelah  menunjuk atau jalan jarum dan sebaliknya tidak, maka bagus dioda di pc817 tersebut. dan jika  dibolak balik menujuk berarti sudah rusak.

-letakkan probe ke kaki 3 dan 4 dan jika dibolak balik tidak akan nyambung, atau jarum tidak jalan.  walaupun dibolak balok. begitu juga jika menggunakan skala x10k. tidak akan jalan. jika jalan  berarti kaki 3 dan 4b ada short. dan itu berarti rusak,

-terakhir ukur antara kaki 1 dan 5, 2 dan 4 pastikan tidak terhubung.


Demikian tutorial singkat untuk mengetahui pc817(optocoupler) bagus atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar